Wawasan Nusantara Adalah

Meningkatkan perdagangan internasional sebagai bentuk partisipasi dalam perekonomian international. Atau mengirimkan tentara perdamaian sebagai wujud keikutsertaan dalam menjaga perdamaian dunia. Mengutip Kemdikbud RI, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Beda halnya dengan strategis, yaitu sebuah pengetahuan wawasan nusantara tentang kekayaan sumber daya alam yang terbentang secara vertikal dan horizontal, dari atmosfer sampai dasar lautan, dari Sabang hingga Merauke.

oleh Tolib, yang dimaksud Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis. Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Wan Usman Wawasan Nusantara pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah air nya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. Topik kita kali ini yaitu pengertian, fungsi, dan wawasan nusantara dimana tidak hanya disitu saja kami juga akan melengkapi dengan menyajikan juga latar belakang, implementasi dan kedudukannya serta masih banyak lagi.

pengertian wawasan nusantara

Ideologi menjadi pengetahuan yang mendalam tentang ideologi negara Pancasila, mencakup semua nilai, butir, makna, dan implementasinya. Sedangkan politik, yaitu pengetahuan tentang relasi kekuasaan dan kebijakan publik yang dibuat oleh pemangku kebijakan.

Wawasan nusantara Indonesia dibentuk dan dijiwai oleh pemahaman kekuasaan bangsa Indonesia yang berdasarkan falsafah Pancasila dan oleh pandangan geopolitik Indonesia yang berdasarkan pemikiran kewilayahan dan kehidupan bangsa Indonesia. Hal itu karena dasar pemikiran wawasan nusantara terdiri atas dasar pemikiran berdasarkan filsafat, kewilayahan, sosial budaya, dan kesejarahan. Harus disadari, apabila asas wawasan nusantara diabaikan, komponen pembentuk kesepakatan bersama akan melanggar kesepakatan bersama.

Tujuan wawasan nusantara keluar yakni menjamin kepentingan nasional dalam menghadapi period globalisasi yang semakin mendunia. Selain itu, bangsa Indonesia juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan kerjasama untuk saling menghormati. Ordonantie 1939, yaitu penentuan lebar laut sepanjang 3 mil laut dengan cara menarik garis pangkal berdasarkan garis air pasang surut atau countour pulau/darat. Ketentuan ini membuat Indonesia bukan sebagai negara kesatuan, karena pada setiap wilayah laut terdapat laut bebas yang berada di luar wilayah yurisdiksi nasional. Selanjutnya, fungsi wawasan nusantara yang terakhir yaitu sebagai wawasan kewilayahan Indonesia, termsauk di dalamnya pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar dapat terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain. Pembangunan sebuah ekonomi harus memperhatikan keseimbangand serta keadilan antar daerah, oleh karna itu, dengan adanya otonomi daerah dapat membuat serta menciptakan upaya dalam keadilan ekonomi di wilayah masing-masing. Nusantara adalah sebuah kata majemuk yang diambil dari bahasa Jawa Kuno yakni nusa yang berarti pulau, dan antara artinya lain.Wawasan nasional suatu bangsa dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dianutnya.

Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga negara yang berbeda daerah dengan kekuatan keamanan. Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segi budaya, standing sosial, maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal. Tujuan ke dalam Wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Dalam mewujudkan pertahanan dan keamanan negara yang baik, tentu saja harus memperhatikan aspek wawasan nusantara yang berhubungan. Berikut ini adalah poin-poin penting wawasan nusantara yang harus disadari dalam pengembangan kebijakan pertahanan dan keamanan. Mengembangkan kehidupan bangsa yang berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika.

JAKARTA – Geopolitik secara umum dapat dimaknai sebagai sebuah kebijakan politik suatu negara yang memfungsikan geografi sebagai dasar penguasaan ruang hidup untuk menjamin kelangsungan hidup dan pengembangan kehidupan negara yang bersangkutan. Dalam menjalankan kehidupan sosial dan budaya sehari-hari masyarakat Indonesia, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini juga pada dasarnya akan menjadi pedoman bagi pemerintah untuk menjalankan dan mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Meningkatkan peran Indonesia dalam kancah regional dan Internasional. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperkuat korps diplomatik kita sebagai upaya menjalin hubungan luar negri dengan negara lain.

Pembangunan ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keseimbangan antar daerah. Oleh sebab itu, dengan adanya otonomi daerah dapat menciptakan upaya dalam keadilan ekonomi. Memperkuat komitmen politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintahan untuk meningkatkan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan. Hal ini bertujuan agar terbentuk solidaritas antar masyarakat, sehingga ketika ada yang mengalami musibah atau ancaman, masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah lain akan tergerak untuk membantu. Artinya, program pembangunan dan fokus aktivitas harus memperhatikan pemerataan antar budaya, status sosial, dan lokasi kewilayahan. Contoh yang paling konkrit adalah dengan melakukan distribusi dana desa kepada seluruh daerah, membangun dari daerah pinggiran, serta melakukan pengembangan berbasis masyarakat.